Tips Terapkan Rumah Bersih dan Rapih Bersama Keluarga

rumah bersihApakah Anda salah satu orang yang selalu memperhatikan kebersihan dan kerapihan rumah? Rumah sebagai tempat istirahat terbaik setelah seharian bekerja. Tetapi, bagaimana bisa meningkatkan kenyamanan rumah jika tidak sering membersihkannya? Selain menambah stres, rumah yang tidak diperhatikan akan menjadi sarang penyakit. Selain itu akan timbul perasaan malu jika ada tetangga, saudara dan kerabat dekat berkunjung. Rumah bersih menggambarkan keluarga yang memiliki pola hidup sehat dengan baik. Mulai dari merubah kebiasaan Anda dan keluarga bisa menciptakan rumah yang rapih. Ini menjadi salah satu cara perlindungan keluarga secara sederhana, berikut tipsnya untuk Anda.

1. Bersihkan Tempat Tidur

Mulai dari kamar anak-anak dan kamar Anda bersama pasangan. Kamar tidur sebagai tempat paling nyaman dan paling sering digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Kegiatan seperti tidur, membaca buku, bersantai, belajar, dan lain-lain terasa lebih menyenangkan. Tanamkan pada semua keluarga Anda untuk menghindari sifat malas dalam menata kasur atau barang yang berantakan. Memang tidak mudah, namun ajarkan sejak dini untuk bersihkan tempat tidur sendiri.

2. Letakkan Barang pada Tempatnya

Mungkin ini sering terjadi pada keluarga Anda yaitu melekkan barang tidak pada tempatnya. Kebiasaan ini bisa menjadi buruk dan juga saat dilakukan di luar rumah. Saat anak selesai bermain, buatlah tempat khusus agar anak terbiasa meletakkannya sendiri dengan benar. Barang jika tidak disimpan dengan baik dan berceceran bisa hilang ketika Anda membutuhkannya kembali. Contoh sederhananya, kaus kaki, charger, headset, tali sepatu, jam tangan dan masih banyak lagi. Tinggalkan kebiasaan buruk ini agar lebih mudah mencari barang serta membuat rumah menjadi rapih dan bersih.

3. Menjaga Dapur dan Ruang Makan Bersih

Apakah Anda dan keluarga menjadari bahwa kebiasaan meninggalkan meja makan dan dapur dalam keadaan kotor sangatlah tidak baik. Rumah bersih yaitu segala ruangan rumah hingga piring tidak menumpuk pada dapur Anda. Jangan menunda dalam menanamkan kebiasaan baik mulai dari hal kecil. Memang membutuhkan usaha yang lebih untuk menghasilkan rumah bersih, dalam dapur dan meja makan selalu lap dan sapu sisa makanan yang masih menempel.

4. Buang Barang yang Tidak Digunakan

Buanglah barang-barang yang sekiranya sudah tidak digunakan, terutama yang sudah rusak. Memiliki kebiasaan menyimpan barang yang sudah rusak akan sangat menggangu bila dibiarkan terus menerus. Barang akan banyak menumpuk bisa menjadi tempat tinggal binatang seperti kecoa, tikus dan laba-laba. Bagian rumah yang digunakan untuk menumpuk barang akan menciptakan suasana pengap dan tidak bebas untuk melakukan aktivitas di rumah terutama bagi anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + two =