Tips Cara Tepat Klaim Asuransi Mobil

klaim asuransi mobilTernyata cara mengklaim asuransi mobil yang lecet bisa dilakukan dengan mudah sesuai prosedur yang sudah ditetapkan oleh pihak asuransi sejak awal pembelian. Tidak ada salahnya mengajukan klaim kondisi mobil yang lecet kepada pihak terkait. Asuransi sebagai sebuah solusi tepat untuk klaim perbaikan kerusakan mobil dari kerusakan kecil hingga besar. Tentu akan sangat membantu Anda saat sedang menghemat pengeluaran dalam keadaan mendesak. Pihak perusahaan akan mempelajari apa penyebab dan krolologis pada masalah mobil Anda sehingga prosesnya tidak bisa sembarangan. Anda harus mengikuti syarat dan ketentuan dengan baik jika tidak ingin ribet terhadap masalah ini, usahakan merawat mobil secara lebih hati-hati.

1. Hubungi Pihak Asuransi

Proses melakukan laporan klaim asuransi mobil biasanya dilakukan maksimal 3 x 24 jam setelah kejadian. Sebelum melakukan pengajual klaim atas kerusakan mobil, maka hubungi pihak asuransi yang akan menggantikan kerugian yang Anda dapatkan. Bisa mengunjungi kantor asuransi secara langsung agar mendapat respon lebih cepat atau bisa juga menghubungi via telpon dan email. Tetapi ada beberapa orang tidak ingin menghubungi tim asuransi, justru mereka lebih senang memperbaiki sendiri.

2. Memberikan atau Melampirkan Bukti Foto

Langkah selanjutnya dalam klaim asuransi mobil adalah menyertakan bukti asli foto mobil yang mengalami kerusakan sebelum Anda mengajukan klaim. Foto tersebut akan meyakinkan pihak mereka dalam memproses klaim yang Anda ajukan. Laporan dianggap tidak cukup kuat dalam mengajukan klaim tersebut. Perusahaan asuransi tidak akan mudah percaya dan menerima klaim begitu saja, sehingga penting untuk melampirkan bukti foto dengan jelas dan detail. Jika Anda melakukan sebuah kecurangan atau kebohongan saat melakukan klaim, maka akan sangat merugikan dikemudian hari. Salah satunya akan sulit mengajukan klaim kembali karena track record yang Anda lakukan sebelumnya tidak bagus.

3. Mengisi Form Untuk Pengajuan Klaim

Form untuk Anda isi saat melakukan klaim. Anda akan mendapatkan form aplikasi untuk diisi serta menjelaskan apa yang akan Anda laporkan. Jangan sampai terlewatkan sekalipun dan isilah dengan lengkap. Semakin lengkap tentu semakin baik karena detail kejadian dan penjelasan yang tertera dalam fom bisa menjadi acuan dalam proses pembiayaan. Ketika melakukan pertimbangan, forim menjadi salah satu bahan pertimbangan yang digunakan oleh pihak asuransi.

4. Memberikan Informasi dan Kronologi Kejadian Dengan Jelas

Pertanyaan yang diberikan oleh pihak yang terkait masalh ini harus dengan jelas bisa Anda paparkan sedetail mungkin. Jangan membuat penjelasan yang akan menimbulkan pertanyaan baru lainnya. Menjelaskan dengan baik untuk bisa diterima oleh pihak terkait. Hindari menjawab dengan ragu-ragu dan bingung bisa terbaca oleh lawan bicara Anda. jawablah dengan kepercayaan diri dan yakin. Dengan rasa percaya diri maka akan membantu meyakinkan perusahaan. Namun balik lagi pada pribadi masing-masing, jika semua proses tersebut membuat Anda ribet, sebaiknya laukan perbaikan sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 9 =