Yuk, Mengelola Sampah Rumahan Dengan Tips Ini!

Sampah dapat menjadi masalah besar jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengolahnya dengan baik. Jika ada sampah yang berserakan dan menumpuk di rumah Anda maka dapat memicu munculnya  sarang penyakit dan bakteri jahat. Tentu saja, Anda tidak ingin jika keluarga Anda terancam akan bakteri dan kuman akibat sampah tersebut, kan? Oleh karenanya, Anda harus bisa mengelola sampah rumahan dengan baik dan benar. Tentu, tujuannya agar tidak menimbulkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh sampah menumpuk. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan dengan cara mengelola sampah dengan benar.

Letakkan Kantong Plastik di Tempat Sampah

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk mengelola sampah rumahan ialah dengan melapisi atau meletakkan kantong sampah pada tempat sampah Anda di rumah. Gunanya ialah agar sampah tidak berantakan dan tercecer ke wadah tempat pembuangan sampah. Selain menjaganya agar tetap bersih, dengan adanya plastik Anda akan dengan mudah memberikan sampah tersebut ke petugas sampah saat mereka datang untuk menjemput sampah-sampah Anda. Dengan begitu juga, Anda mempermudah petugas sampah mengangkut sampah-sampah Anda, lho. Setali tiga uang, bukan?

Bedakan Sampah

Membedakan sampah sangat diperlukan ketika Anda akan mengelola sampah rumahan. Pisahkan sampah organik dan anorganik dengan cara membedakan tempat pembuangannya. Jadi, ketika sudah terkumpul akan lebih mudah memilahnya. Sampah organik bisa Anda manfaatkan kembali menjadi pupuk kompos atau bahan baku pembuatan lubang biopori. Sementara, sampah anorganik yang biasanya didominasi oleh plastik, kaleng, dan yang lainnya, bisa Anda berikan kepada para pengerajin daur ulang, atau menjualnya kepada pengumpul sampah daur ulang.

Jangan Biarkan Sampah Menggunung

Satu hal yang harus Anda tahu dan wajib Anda hindari, yaitu jangan pernah membiarkan sampah Anda menumpuk. Sampah yang menumpuk akan mengundang lalat hijau penyebar penyakit untuk berkembang di sekitar rumah Anda. Tentu saja itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, kumpulan sampah ini akan menimbulkan bau tak sedap yang akan membuat Anda mual karena aromanya. Makanya, rutinkan jadwal Anda mengelola sampah rumahan dengan benar untuk menghindari situasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *