Trik Mengatur Keuangan Paling Jitu

mengatur keuanganSikap boros memang jarang disadari oleh setiap orang, mereka baru akan sadar ketika semua uang yang mereka dapatkan habis tak tersisa. Jika seperti ini Anda hanya bisa menyesali apa yang telah Anda lakukan. Untuk mencegah hal ini terjadi lagi, Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik mulai saat ini. Bagi Anda yang kesulitan untuk melakukannya, mungkin bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Mencatat Setiap Pengeluaran Anda

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mulai mengatur keuangan adalah dengan mencatat setiap pengeluaran Anda setiap harinya. Sekecil apa pun uang yang Anda keluarkan, jangan lupa untuk mencatatnya. Hal ini bertujuan agar Anda tahu sudah berapa banyak jumlah pengeluaran telah keluar dan ke mana uang tersebut pergi. Anda tidak perlu buku khusus untuk melakukan aktivitas ini, cukup dengan notes, buku tulis, atau memanfaatkan aplikasi yang ada di smartphone Anda.

2. Jangan Lupa Menyisihkan Dana Anda

Jika biasanya Anda menabungkan uang yang tersisa, maka ubah metode Anda sekarang juga. Pasalnya, cara yang benar untuk menghemat adalah dengan menabungkan uang Ana terlebih dahulu, baru membelanjakan sisanya. Selain mengatur keuangan dengan cara menabungkannya ke dalam rekening biasa, Anda bisa memilih cara lain untuk menabung, yaitu dengan menginvestasikan dana Anda atau membeli produk asuransi yang nantinya akan bermanfaat di masa depan. Misalnya asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, hingga asuransi kendaraan. Jadi, dari pada uang Anda terpakai untuk hal yang tidak bermanfaat, lebih baik menginvestasikannya, kan?

3. Pilah Keinginan Belanja Anda

Bagi Anda yang termasuk shopaholic, mengontrol keinginan berbelanja memang sangat sulit dilakukan. Ketika Anda berada di mall dan melihat diskon, secara tidak langsung Anda terpanggil untuk segera membeli produk tersebut. Padahal, jika diteliti lagi harga diskon tersebut sebenarnya sudah dikondisikan sedemikian rupa. Oleh sebab itu, meski gemar berbelanja, Anda harus cerdas ketika melakukan aktivitas ini. Dengan begitu Anda bisa mengatur keuangan lebih baik tanpa takut boros.

4. Sediakan Uang Tunai Secukupnya

Satu lagi cobaan yang paling berat dilakukan oleh orang boros adalah tidak bisa mengotrol diri ketika memegang uang cash. Semakin banyak jumlah uang cash yang Anda pegang, maka akan semakin besar keinginan untuk segera menghabiskanna. Oleh karena itu, cara tepat untuk mengatur keuangan tipe ini adalah dengan menyediakan uang tunai secukupnya di dalam dompet. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya dengan bijak dan jauh dari kata boros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *