Tips Mudah Mengurangi Utang Agar Tenang di Hari Tua

8_mengurangi utangHati-hati dalam mengatasi masalah dengan memilih pinjaman terlalu banyak dan tidak sesuai dengan finansial Anda. Persiapkan diri jika Anda harus terpaksa mengutang pada resiko jangka panjangnya. Namun, bila ternyata Anda terlanjur memiliki banyak utang ketahui beberapa tips mengurangi utang berikut ini.

1. Membuat Evaluasi Pemasukan dan Pengeluaran

Setiap bulan cobalah mulai lakukan evaluasi dari pemasukan yang Anda dapatkan hingga digunakan untuk berbagai keperluan. Buatlah perincian dari pengeluaran yang terbesar sampai hal terkecil. Beberapa biaya saat Anda ke restoran, belanja, rekreasi dan lain-lain. Akan terlihat mana kebutuhan yang tidak penting maka bisa Anda hilangkan dalam list bulanan selanjutnya. Semua itu agar seimbangan antara pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan tiap bulannya.

2. Perkirakan Waktu Untuk Mengambil Utang

Dalam satu waktu, utang bisa menjadi sebuah solusi dan awal masalah baru untuk Anda. Tidak lain ketika utang pertama Anda lunas tetapi masih harus berutang untuk hal lain. Sistem pembayaran tepat waktu dengan jaminan maka akan membuat Anda berjaga-jaga. Jika jaminan tersebut adalah barang yang berharga tentu akan membuat masalah baru yang merugikan. Pastikan Anda mempunyai perkiraan waktu dalam mengambil utang secara tepat. Usahakan kapan Anda bisa membayar utang itu agar tidak menumpuk sesuai waktu yang sudah dijanjikan. Seperti saat gajian maka ingatlah pada utang tersebut namun jika mengandalkan jaminan dan tidak mempunyai dana untuk menggantinya maka relakan barang jaminan tersebut.

3. Disiplin dan Tidak Menunda Pembayaran

Ketika sudah memegang dana untuk pembayaran utang maka segeralah untuk melunasinya. Selain disiplin saat menabung, maka disiplin pula dalam membayarnya. Menunda pembayaran akan memberikan Anda kesempatan untuk menggunakan uang tersebut untuk hal lain. Anggap uang tersebut bukan milik Anda melainkan dana mengurangi utang sehingga keinginan untuk menggunakannya akan berkurang. Mengurangi utang adalah membayarnya dengan tepat waktu, bila tidak utag akan semakin besar karena terkena denda. Kurangi melakukan pinjaman jika memang beberapa pinjaman sudah berhasil Anda lunasi, agar uang yang Anda gunakan kedepannya lebih bermanfaat untul kepentingan lain. Gunakan cara lain untuk tidak berutang, seperti mengurangi beberapa list pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan yang sudah Anda prioritaskan.

4. Cari Pekerjaan Tambahan

Tips mengurangi utang yang terakhir adalah dengan menemukan pekerjaan sampingan/tambahan. Jika dalam seminggu Anda masih memiliki waktu luang, manfaatkan sedikit waktu luangmu itu untuk menghasilkan uang. Cari pekerjaan yang sesuai keahlian Anda agar tidak memberatkan diri ketika harus menyelesaikan kerjaan utama. Manfaatkan website pencari pekerjaan freelancer dan bila sudah mendapatkannya, pekerjaan itu bisa dilakukan lebih santai. Bisa jadi pilihan ini adalah sumber dana yang akan menjadi jalan untuk melunasi segala utang Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *