Tips Membangun Pendapatan Pasif untuk Masa Depan

8_Pendapatan PasifKebiasaan menabung yang sudah Anda terapkan dengan baik sebaiknya dipertahankan. Namun, selain itu ada cara lain dalam meningkatkan pendapatan Anda agar uang tabungan tidak habis. Pernah mendengar istilah pendapatan pasif? Anda bisa memperolehnya dengan kerja keras dan komitmen yang kuat. Pendapatan pasif bisa menjadi cadangan dari penghasilan utama Anda dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan, pekerjaan serta gaya hidup. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dengan efektif

1. Sewa Properti

Cara ini paling sering digunakan oleh mereka yang ingin memiliki pendapatan pasif dengan mudah. Ada rumah, apartemen, kos-kosan, ruko, kontrakan dan properti lainnya yang kemudian mengahasilkan uang sewa. Agar propertI Anda dapat selalu disewakan jangan lupa menjaga dan merawatnya seperti melalukan perbaikan sampai mengurus pajak dan sebagainya. Memiliki penyewaan property membutuhkan modal yang cukup besar. Jika tidak ada modal yang cukup coba pertimbangkan kembali dengan membentuk PT bersama orang-orang yang akan memberikan investasinya. Jila memang lingkungan Anda prospek property cukup baik maka akan mudah mengajak orang ikut berinvestasi.

2. Menulis

Menulis buku dan menerbitkannya, atau menjadikannya sebuah ebook akan memberikan pendapatan pasif yang menguntungkan. Hasil ini tidak membutuhkan modal terlalu besar sebab hanya bermodal laptop dengan aplikasi pendukung dan mulailah menulis. Jika memilih untuk menerbitkan buku maka akan mendapatkan royalti melalui penerbis sebesar 10%. Namun, ketika membagikannya melalui ebook seperti Amazon atau iTunes maka Anda akan mengantongi 50%. Tetapi untuk buku dengan Bahasa Indonesia dalam bentuk ebbok masih sangat jarang, maka usahakan membuatnya menjadi Bahasa Inggris. Selain buku, Anda bisa menulis sebagai seorang blogger seperti mereview sebuah brand atau campaign. Ini memerlukan keahlian mempengaruhi yang baik dalam mempromosikannya, terkadang dengan teknik soft selling agar orang tidak terganggu dengan iklan atau bentuk penjualan yang terlalu terang-terangan. Dari feedback yang baik hingga pembaca ikut membelinya setelah membaca blog Anda, maka akan mendapatkan penghasilan dari brang-brand tersebut.

3. Pasang Iklan di Kendaraan

Anda memiliki kendaran mobil dan motor di rumah dan menggunakannya setiap hari? Manfaatkan pendapatan pasif melalui penyewaan kendaraan Anda sebagai media beriklan. Jika Anda perhatikan saat ini sudah banyak mobil dan motor yang memasang iklan. Dengan hasil bulanan dari pemasangan iklan tersebut dapat sangat berguna untuk menyiapkan tabungan masa depan.

4. Menjadikan Hobi sebagai Royalti

Jika Anda sudah mengerti cakupan atau dunia saham, maka Anda akan mendapatkan royalti secara rutin yang disediakan oleh beberapa bank. Pemberian royalti dari penggalian sumber daya alam seperti gas alam dan batu bara. Untuk mendapatkannya dengan maksimal usahakan pahami syarat dan alur dari investasi tersebut. Ternyata, sebagian hobi juga bisa menjadi sebuah pendapatan pasif jangka panjang. Hobi tersebut perlu bisa dijadikan sebuah royalti dari setiap pembelian atau penggunaan karya Anda. selain penulis buku, photographer juga bisa menghasilkan uang dari penjualan karya foto, vektor hingga video. Kembangkanlah hobi tersebut agar bisa dipakai secara global dan banyak media massa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *