Sudah Pernah Makan Cemilan Tradisional Khas Indonesia Ini?

cemilan tradisionalApakah Anda menyukai jajanan pasar? Banyaknya pilihan cemilan tradisional membuat Anda akan bingung harus mencoba yang mana. Sebenarnya memang Anda akan dengan mudah menemukannya di pasar tradisional, tetapi saat ini pun sudah banyak yang menjualnya bahkan melalui pesanan online. Ada jenis jajanan dengan rasa manis dan gurih sehingga membuat konsumen selalu menyukainya. Bisa disajikan sebagai cemilan biasa atau untuk jamuan tamu pada acara arisan hingga hari-hari besar. Kira-kira apa saja? Berikut daftranya.

1. Tape Ketan Muntilan

Biasanya masyarakat Magelang menjual cemilan tradisional untuk dijual pada toko oleh-oleh. Buah tangan ini sisebut dengan muntilan. Tape ketan terbuat dari beras ketan putih dan diberi pewarna alami dari daun katu. Anda bisa membawa oleh-oleh ini dengan dua kemasan berbeda ada yang menggunakan plastik isi ½ kg dan jika ingin membeli banyak bisa memilih dalam bentuk setoples berisi 1 kg. Anda tidak perlu takut kehabisan karena penjual tape ketan di daerah ini cukup banyak. Muntilan juga dipasarkan dalam skala besar tetapi perbedaannya beberapa hasil produksi pabrik menggunakan zat pewarna dan kandungan kimia namun masih bisa dikonsumsi.

2. Grubi

Grubi bisa dengan mudah ditemukan pada warung-warung jajanan dekat sekolah. Cemilan tradisional ini dijual dengan harga yang sangat bersahabat. Jika Anda belum pernah mencicipinya, bahan dari grubi adalah ubi jalar yang dibentuk seperti bola. Menggunakan bumbu gula jawa merah lalu digoreng. Memiliki tekstur renyah dan rasa manis dari gula jawa yang menyerap. Tidak hanya untuk jajanan pasar tetapi sudah bisa ditemukan sebagai oleh-oleh.

3. Jemunak

Jika Anda perhatikan jemunak adalah makanan seperti bubur sumsum. Jemunak bisa ditemukan hanya saat bulan puasa. Penjual jemunak dapat dengan mudah ditemui dipinggir jalan untuk para pengendara yang tidak sempat membeli makanan buka puasa maupun untuk yang sedang ngabuburit. Cairan gula atau kinca yang digunakan membuat makanan ini manis dengan bahan dasar beras ketan, gula merah, ketela dan kelapa. Biasanya disajikan dalam dengan wadah daun pisang agar lebih praktis.

4. Slondok

Cemilan tradisional ini dikenal dengan slondok, sebagian orang mungkin akan aneh saat mendengar namanya. Tak perlu takut dengan rasa yang diberikan karena memiliki rasa unik yang enak. Berbahan dasar singkong cemilan ini bisa membuat Anda kenyang. Anda bisa mencicipi makanan ini dengan varian rasa keju, balado, dan masih banyak lainnya. Anda bisa menjadikan cemilan slondok sebagai bingkisan untuk dibawa pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *