Sediakan Hidangan Sehat untuk Keluarga

hidangan sehatMenjaga kesehatan keluarga salah satunya dimulai dengan memberikan hidangan sehat entah untuk sarapan, makanan sehari-hari hingga menu bekal makan siang. Bagi seorang wanita karir dituntut untuk menyiapkan makanan sehat, lezat dan praktis. Memang sekilas terlihat ribet, sebenarnya hanya perlu membiasakan diri untuk menerapkan hidangan sehat, lezat dan praktis. Dengan banyaknya resep makanan Anda harus memilih secara tepat, siapa tau makanan yang Anda masak menjadi kesukaan keluarga. Berikut resep yang bisa Anda gunakan.

1. Tumis Buncis Daging Cincang

Hidangan sehat ini memiliki kombinasi yang sempurna yaitu tumis buncis daging cincang. Anda akan mendapatkan asupan vitamin, serat, mineral dari tumis buncis dan protein yang terdapat pada daging. Pilih daging sapi dengan kandungan lemak yang sedikit dan lauk tetap sehat. Bersihkan buncis sebelum Anda potong untuk menghilangkan kotoran dan kuman. Gunakan api besar saat memasak sambil terus diaduk karena akan membuat saturan cepat matang dan sayur tetap terlihat segar.

Bahan yang Anda butuhkan diantaranya buncis, daging sapi yang sudah dicincang, paprika, minyak goreng. Sebagai bumbu siapkan bawang bombay dan bawang putih lalu cincang, kecap inggris serta saus tiram, lada bubuk dan garam halus. Lalu tumis semua bahan yang sudah dicincang secara satu-persatu hingga harum dan masak daging hingga berubah warna.setelah semua bahan sudah tercampur, masak dengan diaduk secara rata hingga matang, jika sudah maka siap untuk dinikmati.

2. Sup Krim Tomat

Hidangan sehat ini masuk sebagai kategori makanan pembuka panas (hot appetizer) atau lauk pelengkap. Bisa menjadi pilihan menu sarapan Anda dan keluarga karena memiliki unsur gizi yang lengkap. Sup krim toat memiliki karbohidrat dari tepung terigu yang digunakan, vitamin dan mineral dari tomat, protein dari susu dan keju slain itu lemak dari margarin yang Anda gunakan. Sarapan akan terasa lengkap jika ditambahkan dengan potongan french bread atau garlic bread. Anda bisa mengganti krim kental dengan susu murni cair low fat agar sup menjadi rendah lemak.

Bahan yang diperlukan yaitu tomat yang sudah dicuci secara bersih, kaldu daging, jamur kancing, pasta tomat, keju, krim, margarin dan tepung terigu. Panaskan bahan-bahan dasar hingga harum dan masukan tepung untuk diaduk. Tuang kaldu dengan beberapa campuran bahan dan aduk hingga merata. Pastikan sup sudah matang sempurna dan tambahkan seledri sebelum diangkat dan jika sudah dituangkan dalam wadah parutkan keju. Makanan ini cocok untuk dinikmati selagi hangat.

3. Cap cay Goreng Bakso

Hidangan sehat berikutnya yaitu cap cay goreng bakso dengan berbagai macam sayuran kaya vitamin yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Cap cay dalam bahasa Indonesia adalah sajian dengan 10 macam sayuran, tetapi tidak semua orang memasukan lengkap berbagai jenis sayuran. Bahkan sebagian masyarakat menambahkan bahan-bahan lain yang ada di rumah seperti udang, cumi, dan sebagainya sesuai selera.

Siapkan bahan berikut ini untuk mulai memasak. Daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil, sawi putih, bakso, sawi hijau, wortel, kecap asin, bawang putih, saus tiram garam, merica, dan tepung maizena. Cuci bersih semua bahan dan potong-potong. Tumis bawang dan campurkan dengan ayam serta bakso tambahkan bumbu lainnya dan sedikit air. Setealh bahan tercampur sempurna, tambahkan larutan maizena dan aduk hingga mengental. Makanan pun siap disajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *