Sedang Populer, Begini Cara Mendirikan Marketplace

Sejak tahun 2016, perkembangan marketplace di Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat. Hal ini dikarenakan meningkatnya pengguna internet dan smartphone di Indonesia. Bukan hanya itu, meningkatnya kepercayaan konsumen untuk berbelanja online juga menjadi faktor pendorong tumbuhnya marketplace. Namun, apakah Anda tahu apa itu marketplace?

Marketplace adalah tempat atau lokasi penjualan produk di mana seller dan konsumen bertemu di platform yang sama. Seller akan menjual produk dagangannya di lapak yang khusus disediakan oleh e-commerce. Konsep tersebut dinamakan marketplace. Sederhananya, marketplace adalah tempat jualan numpang menjual produknya.

Jika Anda tertarik untuk mencoba peruntungan di marketplace, mungkin Anda bisa belajar mendirikan marketplace dengan informasi berikut ini.

Tentukan nama domain sesuai kebutuhan Anda

Untuk mengenalkan toko virtual Anda kepada orang banyak, Anda membutuhkan sebuah nama. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan saat mendirikan marketplace ialah menyiapkan nama unik dan menarik untuk toko Anda. Meski unik, namanya harus mudah dingat oleh pembeli, agar saat mencari nama toko Anda, calon pembeli tidak kesulitan mengejanya.

Tentukan dan pilih target pasar

Setelah nama Anda siap, jangan lupa untuk menentukan target pasar Anda. Pikirkan kira-kira siapa konsumen yang akan membeli produk Anda. Jika target pasar Anda adalah ABG, kondisikan harga barang agar terjangkau dan tetap berkualiats. Namun, bila target Anda adalah kalangan menengah ke atas, pastikan produk Anda memiliki kualitas produk yang baik bahkan premium. Bagi mereka, harga tidak masalah jika memang kualitas produknya bagus dan worth untuk dibeli.

Hadirkan SDM untuk mengelola

Saat Anda mendirikan marketplace dalam sekala sedang hingga besar, tentu menjadi hal tidak mungkin jika Anda hanya sendirian mengurusnya. Anda harus menghadirkan SDM berkompeten yang bisa membantu mengembangkan sekaligus menyukseskan bisnis Anda. Meski memiliki kemampuan berjualan yang baik, pastikan calon karyawan Anda memiliki sifat jujur dan bisa bekerja sama dengan baik.

Promosikan marketplace Anda

Ini dia hal terpenting ketika mendirikan marketplace, yaitu promosi. Semua bisnis membutuhkan promosi untuk mendapatkan banyak konsumen, begitu juga marketplace Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis ini, mulai dari memanfaatkan power media sosial, hingga memasang iklan melalui google partner.

Berikut cara mudah untuk mendirikan marketplace. Produk apa pun yang Anda jual tempat jualan Anda, pastikan untuk selalu memenuhi etika berbisnis dengan baik. Persaingan memang tidak bisa dihindari, namun meminimalisirnya bisa Anda lakukan dengan terus menciptakan produk yang inovatif dan beda dari yang lainnya. Selamat mendirikan marketplace!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *