Peran Bisnis Pariwisata Bagi Perekonomian Indonesia

bisnis pariwisataKekayaan alam Indonesia, membuat potensi pariwisatanya terbilang tinggi. Bukan hanya warga negaranya sendiri yang tercengang dengan keindahan alamnya, tetapi juga orang asing yang tinggal jauh dari Indonesia. Oleh sebab itu, bisnis pariwisata negeri ini sangat mampu menjadi salah satu penyokong perekonomian Indonesia. Di bawah ini akan djelaskan apa saja peran bisnis sektor pariwisata bagi Indonesia.

1. Sumber Pemasukan Negara

Semakin maju bisnis pariwisata di Indonesia, maka akan semakin banyak uang yang masuk ke dalam kantung kas negara. Pasalnya, setiap visa, biaya penukaran mata uang, dan transaksi apa pun yang dilakukan para turis akan memberikan dampak besar pada Indonesia. Semakin banyak mata uang asing yang ditukarkan ke dalam rupiah, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan negara.

2. Faktor Pendorong Pembangunan

Bila sebuah lokasi wisata semakin maju, maka daerah disekitarnya juga akan mengalami dapak emajuan. Sebagai imbasnya, pemerintah dan para investor akan berlomba-lomba untuk membangun sarana dan prasarana pendukung, seperti hotel, rumah sakit, rumah makan, hingga memperbaiki akses jalan dan transportasi. Dengan begitu, bisnis pariwsata ini akan memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar lokasi wisata.

3. Cikal Bakal Lapangan Pekerjaan Baru

Satu lagi efek domino yang terjadi akibat dari majunya pembangunan sebuah bisnis pariwisata, yaitu membuka lapangan pekerjaan baru bagi orang lain. Dengan munculnya beragam hotel, rumah makan, hingga fasilitas lainnya tentu saja akan membutuhkan karyawan demi keberlangsungan operasionalnya. Nah, di sini lah manfaat berkembangnya bisnis pariwisata yang bisa dirasakan oleh orang lain dan juga Anda.

4. Sumber Pendapatan Masyarakat

Selain menguntungkan investor dan pemerintah, warga sekitar destinasi wisata juga bisa merasakan manfaat bisnis pariwisata sebagai sumber pendapatan mereka. Contohnya adalah bisa mereka membangun rumah makan atau menjual beragam kerajinan khas daerah tersebut kepada orang lain. Mereka akan mendapatkan banyak pemasukan untuk biaya hidup. Selain itu, usaha apa pun yang mereka jalani juga akan memberkan keuntungan bagi pemerintah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *