Menu Plant-Based Untuk Menjaga Kesehatan

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar ‘plant-based diet’? Makanan dari tumbuhan yang membosankan mungkin muncul di benak Anda. Padahal, mencoba diet ini bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan dengan benar. Melepas daging dari menu makanan Anda sehari-hari adalah hal yang tidak mudah. Namun, tidak ada salahnya mencoba plant-based diet selama seminggu dan lihat bagaimana dampaknya pada tubuh Anda. Selain terhindar dari lemak hewani yang menjadi sumber kolesterol, plant-based diet juga menjaga berat badan Anda tetap ideal. Yuk, simak menu makanan plant-based diet ini dari sarapan hingga makan malam.

Pukul 07.00

Memulai hari dengan smoothie bowl adalah cara yang tepat untuk mendapatkan energi. Sajian ini juga dinilai lengkap karena dalam proses pembuatannya terdapat protein yang didapat dari susu almond. Untuk lemak baiknya didapatkan dari biji-bijian dan buah seperti alpukat, serta dilengkapi juga dengan serat karena campuran buah-buahannya. Kalori pada smoothies juga rendah yang disebabkan oleh kandungan karbohidrat yang berasal dari buah bukan pati seperti jagung dan nasi. Tambahan protein powder dan minyak kelapa pada smoothies juga bisa menjadi suplemen penting bagi pelaku plant-based diet.

Pukul 11.00

Roti pita dengan selai kecang, atau pancake kecil yang dipanggang bisa menjadi camilan Anda ketika merasa lapar sebelum makan siang. Anda bisa juga menambahkan maple syrup atau selai favorit Anda lainnya pada pancake.

Pukul 12.00

Membuat salad yang mengenyangkan dan tidak membosankan cukup mudah. Dari sayuran dan buah-buahan segar, hingga kacang-kacangan dan gandum, berkeksperimen dalam membuat salad kini menjadi lebih mudah. Meskipun tanpa tambahan ayam atau daging, menyantap plant-based salad dengan dressing yang tepat juga tidak kalah enak dengan menu makan siang pada umumnya.

Pukul 15.00

Buah, atau sayuran dengan hummus adalah snack plant-based yang bisa Anda coba di sore hari. Kadar gula yang ada pada buah bisa menambah energi Anda ketika banyak energi mulai terkuras dari pagi hari.

Pukul 19.00

Ada banyak menu makan malam plant-based yang bisa Anda coba. Contohnya adalah pasta dan pizza vegetarian, atau lentil yang diolah bersama sayur-sayuran dan kacang menjadi taco atau burrito. Bumbu apa saja bisa Anda gunakan asalkan tetap mengandung bahan-bahan plant-based.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *