Mengenal 4 Jenis Yoga Yang Bisa Membakar Kalori

Seringkali yoga dikenal sebagai olahraga ringan yang tidak mengeluarkan keringat. Padahal, melakukan berbagai pose yoga membutuhkan kekuatan tubuh yang bisa menguras keringat dan membentuk otot. Ada banyak jenis yoga yang cukup populer di Indonesia. Bagi pemula, menentukan jenis yoga mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda bisa membingungkan jika belum dicoba semuanya. Sebelum mencoba, yuk simak dulu perbedaan dari 4 jenis yoga ini.

Hatha

Hatha adalah jenis yoga yang paling cocok untuk pemula karena menawarkan gerakan dasar yoga yang lambat dan halus. Fokus utama dalam yoga ini juga adalah teknik pernapasan guna menyiapkan tubuh untuk meditasi. Hatha dipercaya dapat meregangkan otot dan membuat Anda lebih rileks, sehingga mengurangi rasa stres.

Vinyasa

Vinyasa Yoga identik dengan gerakan flow-nya yang mengalir. Jika kebanyakan jenis yoga mengharuskan Anda menahan pose tidak kurang dari 10 detik, Vinyasa memiliki tempo lebih cepat. Fokus dari Vinyasa sendiri adalah pernapasan dan pergantian pose secara halus dan cepat. Jika Anda mengikuti kelas yoga, instruktur Anda akan memberikan fokus gerakan yang berbeda pada setiap minggunya. Dengan begitu, Anda akan terbiasa dengan semua pose yang berguna untuk semua bagian tubuh Anda.

Ashtanga Yoga

Jenis yoga yang satu ini dikenal memiliki gerakan yang sangat intens dan menantang fisik. Untuk melakukan Ashtanga, Anda dianjurkan sudah mengenal pose dasar yoga. Gerakan yang diajarkan pada yoga ini pun lebih sulit dan membutuhkan dedikasi tinggi, sehingga manfaat berlatih yoga secara fisik dan mental akan langsung terasa. Mirip seperti Vinyasa, pergerakan dari satu pose ke pose lainnya dalam Ashtanga juga cepat.

Iyengar Yoga

Pose yang ditawarkan Iyengar mirip dengan Hatha, hanya lebih berfokus pada keselarasan tubuh dan keseimbangan tubuh. Untuk Anda yang merasa tubuhnya kurang lentur, bisa menggunakan alat bantu seperti harness, blok, strap, dan handuk. Ini cocok untuk Anda yang ingin melakukan terapi untuk memulihkan atau meningkatkan kondisi kesehatan.

Bikram Yoga

Jenis yoga ini juga sering dikenal sebagai Hot Yoga karena dilakukan dalam ruangan panas sekitar 42 derajat Celcius. Ada 26 rangkaian pose tetap yang dilakukan dalam Bikram dimana setiap pose dilakukan dua kali. Suhu panas akan membuat tubuh lebih lentur dan seakan memberikan efek detoks bagi tubuh Anda. Jadi jenis yoga mana yang cocok untuk Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *