Masakan Tradisional Sunda yang Paling Populer

masakan tradisionalMasyarakat Indonesia memiliki keunikan tersendiri melalui beberapa jenis masakan tradisional. Bagaimana pendapat Anda tentang makanan khas Sunda? Ternyata tidak semua rasa yang disajikan manis tetapi juga populer dengan rasa gurih, asam dan pedas yang bikin Anda ketagihan. Tidak jarang beberapa daerah menyukai makanan Sunda karena kebanyakan menggunakan bahan dasar sayuran. Jika Anda bukan orang asli Sunda, coba ajak atau minta ke teman Anda untuk mencicipi ragam makanan enak tersebut. Ini dia beberapa pilihan makanan populer yang bisa Anda nikmati.

1. Nasi Timbel

Memiliki rasa yang kuat dan unik masakan tradisional ini sangat identik dengan orang Sunda. Di daerahnya sendiri nasi timbel memiliki berbagai macam versi yang bisa membuat Anda sangat menikmatinya. Seiring berkembangnya zaman, menu ini bukan hanya dihidangkan untuk para petani saat sedang istirahat tetapi sudah bisa dirasakan oleh semua orang. Menggunakan daun pisang sebagai alas dan pada restoran pun piring yang digunakan juga dilapisi oleh alas daun pisang. Dengan nasi pulen, Anda bisa menemukan kelengkapan sajian ini dengan lauk ikan asin, ayam goreng, empal, pepes ikan, lalapan, ikan tawas/japuh dan tidak lupa sambalnya.

2. Karedok

Siapa yang tidak mengenal karedok, terutama warga Jakarta. Sebagian dari Anda mungkin mengenal makanan karedok berasal dari Betawi tetapi sebenarnya adalah asli Sunda. Hampir mirip dengan gado-gado namun berbeda dari sayurannya karena gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu. Orang Sunda biasa menyebut karedok sebagai lotek mentah. Disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas sesuai dengan lidah orang Indonesia. Anda akan menemukan sayur seperti tauge, kacang-kacangan, lubis, terong hijau, basil, timun dan bisa ditambahkan sesuai selera pembeli. Akan terasa lebih nikmat saat disantap dengan nasi hangat, kerupuk , tahu dan tempe.

3. Laksa Bogor

Masakan tradisional ini terkenal hingga kawasan Asia dan berasal dari daerah Bogor. Laksa Bogor memiliki perbedaan dari jenis laksa lainnya karena mie yang digunakan menggunakan oncom sebagai pelengkap. Anda akan merasakan bumbu rempah yang lengkap sehingga memiliki kelezatan yang tiada tandingannya terutama dari kuah kuning yang menambah selera makan Anda. Bahan-bahan yang digunakan adalah kunyit, bawang merah dan putih, lada, ketumbar serta kemiri. Kaldu ayam dan santan yang diberikan menambah rasa gurih yang pas. Satu mangkuk laksa berisi bihun, ayam yang sudah di suyir, telur rebus, daun kemangi dan tauge.

4. Geco

Geco adalah singkatan dari tauge dan tauco dengan saus tauco yang sudah menjadi ciri khasnya dan merupakan masakan tradisional khas Cianjur. Sayangnya menu geco sudah jarang ditemui di daerah asalnya sekalipun. Kombinasi makanan geco adalah ketupat dan mie sagu karena mampu membuat Anda lebih kenyang setelah menyantapnya. Paduan rasa manis, pedas, asam dan gurih bisa dinikmati dalam satu mangkuk geco. Terdapat bahan pelengkap berupa daun bawang, tomat, kacang, udang dan cuka lahang. Apakah Anda tertarik mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *