Manfaat Olahraga Tinju Bagi Wanita

Olahraga tinju tidak melulu identik dengan pria. Saat ini, banyak wanita yang sudah menekuni tinju sebagai cara untuk tetap bugar dan latihan bela diri. Model ternama Adriana Lima pun salah satu selebriti dunia yang terobsesi dengan olahraga ini. Penasaran mengapa olahraga ini begitu digemari? Yuk, beberapa alasannya di bawah ini.

Menjaga jantung Anda tetap sehat

Tujuan dari berolahraga bukan hanya untuk terlihat fit secara fisik, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga tinju meningkatkan kekuatan jantung karena Anda diharuskan bernapas secara berat sehingga jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Otot-otot jantung yang kuat akan menurunkan kemungkinan Anda terjangkit penyakit kardiovaskular dan stroke.

Meningkatkan kebugaran Anda

Selain memiliki manfaat olahraga aerobic seperti membakar lemak dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular, bertinju juga memiliki manfaat olahraga anaerobic. Artinya, tinju mampu meningkatkan ketahanan, metabolisme, massa tubuh, sehingga Anda bisa lebih kuat dalam menambah lelah.

Membakar banyak kalori dan lemak dengan cepat

Seperti yang sering terlihat di televisi, tinju adalah olahraga dengan intensitas tinggi. Tak heran kalau bertinju menjadi salah satu cara ampuh untuk membakar kalori. Dalam satu jam, Anda bisa membakar 300-500 kalori, tergantung pada berat badan dan intensitas latihan Anda. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah membakar lemak dengan olahraga tinju. Akan lebih bagus jika Anda mengkombinasikan berbagai olahraga lain seperti push up, lunges, dan jumping squats yang dilakukan bersamaan dengan skipping.

Belajar bela diri

Manfaat yang terakhir ini adalah hal yang paling penting dari olahraga tinju. Saat Anda dalam bahaya, ada beberapa teknik tinju yang bisa digunakan untuk self-defense. Dengan dibekali ilmu bela diri dari bertinju, para wanita tidak perlu terlalu khawatir jika harus berhadapan dengan ancaman kriminalitas.

Nah itu dia beberapa manfaat olahraga tinju. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, olahraga tinju sudah terbukti memiliki banyak manfaat, mulai dari menurunkan berat badan, melatih kecepatan, meningkatkan kewaspadaan, hingga menambah kepercayaan diri. Jadi, tertarik kah Anda untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *