Makanan Khas Magelang Wajib Dicoba!

makanan khas magelangMenjadi ibukota di daerah Jawa Tengah, Magelang memiliki makanan khas yang tiada duanya. Akses yang mudah dijangkau jika Anda ingin mengunjungi kota ini. Memiliki julukan sebagai kota getuk ini membuat Magelang selalu istimewa bagi siapa pun yang mengunjunginya. Pemandangan gunung yang indah dan tempat wisata Candi Borobudur yang terkenal sampai ke seluruh dunia. Saat ke tempat ini Anda akan disuguhkan dengan beragam macam makanan khas Magelang. Berikut beberapa menu yang bisa Anda coba.

1. Sup Senerek

Menghangatkan suasana Anda saat berkunjung ke Magelang, harus ditemani dengan semangkuk sup senerek. Menjadi makanan yang cukup populer di daerahnya, karena memiliki ciri khas dari bahan yang digunakan. Potongan daging ayam atau sapi yang disajikan dengan kacang merah dan sayur bayam ini selalu digemari oleh setiap kalangan. Dipercaya akan membuat tubuh Anda lebih santai dan rileks, karena kuah kaldu dari rebusan sup ini menghangatkan serta menyegarkan tubuh. Sebutan lain dari makanan ini yaitu sup kacang merah dan bisa dinikmati dengan cemilan lauk peceh wuih dengan bumbu pedasnya.

2. Buntil Daun Talas

Makanan tradisional ini biasanya terkenal memiliki bentuk gumpalan yang dibalut dengan daun pepaya. Berbeda dengan Magelang karena buntil dibalut dengan daun talas dan memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan buntil pada umumnya. Menggunakan daun talas muda berisikan parutan kelapa, biji petai dan udang asin. Mudah dibuat dengan resep dan peralatan yang sederhana bisa Anda nikmati di rumah. Kuah santan yang gurih dengan campuran rempah dan cabe memberikan tampilan warna kemerahan yang menggugah selera Anda. Jangan lupa untuk mencicipi makanan buntil ini dengan nasi hangat, ikan pindang, lalapan biji kacang panjang dan sambal bawang.

3. Bakmi Jombor

Hampir semua masyarakat Indonesia menyukai mie. Jika Anda salah satunya, jangan melewatkan makanan khas Magelang bernama bakmi jombor. Anda bisa memilih porsi spesial maupun sederhana dengan varian dada atau paha ayam dan telur. Warna gelap dari kuah dan bakmi yang kekuningan memberikan kesan tersendiri bagi penikmat mie ini. Rasa manis, gurih dan tingkat kekenyalan dari bakmi yang pas serta lembut bisa membuat Anda ketagihan pastinya.

4. Sego Godog

Dalam kamus Jawa, sego yaitu nasi dan godog adalah rebus. Jadi menu makanan sego godog memiliki bhan utama nasi yang direbus. Masyarakat asli Magelang hingga para wisataman banyak yang mencari makanan tradisional ini. Memiliki rasa enak yang menyehatkan dengan kandungan gizi yang terdapat pada nasi ini. Nutrisi yang Anda dapat dari sajian menu sego ini adalah tomat, kubis, ayam dan telur. Dilengkapi dengan mie basah dijamin pilihan menu makan siang Anda akan lebih membuat kenyang dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *