Langkah Mudah Menyiapkan Menu Sehat untuk Keluarga

menu sehatSiapa yang tidak ingin memiliki keluarga yang sehat? Sebagai ibu cerdas Anda harus bisa mengatur menu sehat bersama keluarga agar memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi yang baik terutama bagi anak. Makanan sehat adalah sebuah perlindungan terbaik yang bisa Anda berikan terhadap keluarga. Apa saja langkah yang perlu diperhatikan? Simak selengkapnya di sini.

1. Membuat Jadwal Makan Harian

Cobalah kumpul bersama keluarga saat weekend untuk membicarakan menu sehat yang mereka inginkan. Merencanakan dari awal akan mempermudah Anda dalam mempersiapkannya sehingga tidak terburu-buru. Seperti memasak steam ikan, tumis seafood, soto ayam dan berbagai menu lain menyesuaikan dengan harinya. Dengan perencanaan yang baik maka Anda akan tahu bahan makanan yang akan dibeli dan bahan apa saja yang akan digunakan dalam persediaan di kulkas Anda. Ketika jadwal dapat dilakukan secara konsisten maka akan terhindar dari makanan yang kurang sehat atau bahkan sudah kadaluwarsa.

2. Siapakan Menu Wajib Berupa Buah, Sayur dan Susu

Tentu Anda sudah mengetahui jenis makanan ini sangat sehat untuk dikonsumsi. Jika tidak sempat membelinya, aturlah waktu untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan menyisipkan buah dalam daftar belanjaan wajib. Cari buah yang bisa disimpan dalam lemari es dalam waktu lama. Buah bisa menjadi bahan kreasi menu sehat untuk keluarga Anda. Variasikan menu makanan seperti es buah, puding buah, jus, rujak dan lain-lain. Selain itu sediakan juga susu dengan rendah lemak agar menambah protein dan kalsium keluarga dengan baik. Pengganti lain susu adalah yoghurt atau susu kedelai dan kurangi minum soda.

3. Menyediakan Makanan Berprotein Tinggi

Menu sehat dengan kandungan protein yang tinggi juga dibutuhkan demi menjaga kehidupan Anda dengan lebih sehat. Dalam seminggu Anda bisa mengganti variasi makanan seperti daging, ikan, telur, keju, gandum dan masih banyak lainnya. Saat memilih daging coba dengan cara memanggang atau dibakar untuk mengurangi makanan yang digoreng. Jika tidak menyukainya bisa menggoreng dengan minyak yang sedikit. Selain itu olahan seperti tahu, kavang-kacangan dan tempe juga sangat baik untuk kesehatan. Mengonsumsi makanan berbahan gandum seperti pasta, roti, nasi merah juga baik untuk tubuh karena memiliki serat yang memudahkan sistem pencernaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *