Lakukan 3 Hal Ini Untuk Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah kewajiban semua orang di seluruh dunia. Tidak peduli apa profesi mereka dan seberapa kaya-nya mereka, kebersihan wajib dijaga secara bersama-sama. Hal ini dikarenakan kebersihan adalah cara yang paling mudah untuk menghindari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Oleh karena itu, ayo asah kepekaan Anda untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan demi hidup yang nyaman dan sehat. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaganya, simak yuk!

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Sepertinya sudah banyak sekali himbauan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Pasalnya, hal sepele ini akan membantu menjaga kebersihan agar selalu bersih dan asri. Sayangnya, hal sekecil ini pun masih belum bisa dipatuhi dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Masih banyak orang-orang tidak bertanggung jawab yang selalu membuang sampah sembarang, seperti di selokan, sungai, hingga di pinggir jalan. Untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini, maka Anda dan orang lain bisa menyediakan tempat sampah yang layak di sekitar lingkungan Anda, sehingga orang lain akan terbiasa membuangnya di tempat sampah yang memang telah disediakan.

Membersihkan Saluran Air

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, saluran air seperti selokan atau got menjadi tempat favorit membuang limbah dan sampah bagi orang-orang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, sebagai orang yang sayang dengan lingkungan, Anda tidak perlu segan untuk menjaga kebersihan saluran air yang ada di sekitar rumah secara teratur, seperti seminggu sekali. Tentu saja hal ini akan membuat jalannya air lebih lancar dan mengindari mampet yang akan menjadi sarang nyamuk serta berpotensi banjir.

Lakukan Penghijauan

Lingkungan yang asri dan sejuk akan membuat Anda lebih nyaman untuk tinggal di sekitarnya. Oleh karenanya, jangan lupa untuk menghijaukan halaman rumah dengan cara menanam berbagai macam pohon di pekarangan rumah. Anda bisa menanam pohon buah, bunga, hingga pohon yang akan menjadi rindang dan melindungi rumah Anda.  Jangan lupa juga ajak tetangga di sekitar rumah Anda untuk menjaga kebersihan dan menghijaukan lingkungan, agar lingkungan semakin hijau dan asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *