Ketahui Jenis-jenis Pensiun untuk Masa Depan

8_jenis pensiunMasa pensiun adalah sebuah kesiapan Anda dalam mengembangkan aset seperti melalui investasi yang bisa Anda lakukan. Persiapkan masa pensiun Anda dari sekarang seperti mengembangkan aset melalui berbagai macam program dana pensiun, investasi mandiri melalui reksa dana, deposito, menanam saham hingga emas. Ada yang memilih pensiun sejak dini, ada yang memang mendapatkannya langsung karena beberapa faktor. Melalui Undang-Undang No:11/1992 adalah hak seseorang memperoleh penghasilan setelah bekerja sekian tahun dan sudah memasuki dunia pensiun atau ada sebab-sebab lain sesuai dengan perjanjian yang tetapkan. Tidak ada salahnya bertanya pada ahli atau mempelajari hal ini melalui buku dan ebook karena akan sangat berguna kedepannya. Maka ketahui jenis pensiun dengan baik, diantaranya:

1. Pensiun Normal

Pensiun normal diberikan bagi karyawan dengan usia mencapai waktu pensiun yang sudah ditetapkan perusahaan. Wilayah Indonesia usia pensiun rata-rata adalah 55 tahun sampai 60 tahun pada beberapa profesi tertentu. Usia pada jenis pensiun jenis ini adalah usia peserta/karyawan saat menerima manfaat pensiun atau pesangon.

2. Pensiun Dipercepat

Pensiun ini dilakukan apabila perusahaan menginginkan pengurangan karyawan di dalam perusahaan tersebut. Usia pensiun dipercepat adalah usia peserta sekurang-kurangnya 10 tahun sebelum usia pensiun normal. Biasanya jenis pensiun kategori ini dilakukan karena beberapa faktor alasan yang sudah disepakati oleh pihak perusahaan.

3. Pensiun Ditunda

Jenis pensiun ditunda merupakan pensiun berdasarkan keinginan karyawannya walaupun usianya belum masuk waktu pensiun. Saat keluar dari perusahaannya sebelum mencapai kategori pensiun, uang pensiun pada tempat bekerja akan didapatkan pada waktu umur karyawan telah memasuki masa pensiun.

4. Pensiun Cacat

Mungkin beberapa sebagian dari Anda sudah mengetaui jenis pensiun satu ini, di mana pensiun diberikan kepada karyawan yang mengalami kecelakaan atau musibah. Kejadian tersebut mengharuskan karyawan tidak bisa/tidak mampu bekerja kembali di perusahaan tersebut padahal umurnya belum masuk dalam waktu pensiun. Tidak ada orang yang bisa mengetahui pensiun ini karena tanpa sepengetahuan dan rencana kita sebelumnya. Maka berhati-hatilah selalu saat Anda bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *