Ketahui Beberapa Hari Peringatan Lingkungan di Indonesia

Di umur bumi yang semakin tua, maka akan semakin membuatnya ringkih. Oleh sebab itu, sebagai makhluk penghuni bumi, maka Anda harus membantu merawatnya agar tetap  sehat dan bekerja seperti semestinya. Demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan hal ini, maka dibuatnya beberapa hari peringatan lingkungan, yang tujuannya ialah membuat masyarakat selalu ingat untuk menjaga bumi. Dari sekian banyak hari peringatan tersebut, di artikel ini akan dibahas tiga di antaranya. Simak informasinya di bawah ini.

Hari Bumi

Sebagai planet yang ditinggali oleh sejuta umat manusia, maka tidak ada salahnya jika Bumi memiliki hari spesialnya sendiri. Di tanggal 2 April, sudah diputuskan secara sebagai hari Bumi Internasional. Tujuan dari hari peringatan lingkungan ini ialah untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap planet bumi. Hari ini dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson di tahun 1970 yang juga berprofesi sebagai pengajar lingkungan hidup. Mungkin di tahun ini Anda bisa ikut berpartisipasi dalam perayaan ini.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari spesial ini diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni. Tujuannya ialah untuk meningkatkan aware global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan Bumi. Hari peringatan lingkungan satu ini bahkan menjadi satu instrumen penting yang digunakan oleh PBB untuk menambah kesadaran tentang lingkungan dan perhatian tingkat dunia. Oleh sebab itu, sukseskan hari ini dengan mendukung segala aksi peduli lingkungan di lingkungan Anda.

Hari Air Sedunia

Hari peringatan lingkungan ini lebih dikenal dengan nama World Day of Water. Perayaan ini ditunjukan sebagai usaha menarik perhatian masyarakat dan publik untuk menyadari betapa pentingnya sebuah air bersih untuk menopang kehidupan. Hari yang diperingati setiap tanggal 22 Maret ini merupakan inisiatif yang muncul dari Sidang Umum PBB ke-47 pada 22 December 1992, di Rio de Janeiro, Brasil. Setiap tahunnya, peringatan yang satu ini memiliki tema khusus yang selalu berbeda-beda, agar tidak membosankan dan memiliki tujuannya masing-masing. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mulai mengurangi aktivitas membuang-buang air bersih, karena hanya akan menyia-nyiakan sumber daya alam yang cukup penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *