Kenali Ragam Makanan Daerah Asli Indonesia

ragam makanan daerahSaat Anda sedang jalan-jalan pasti belum lengkap rasanya jika tidak mencoba menu khas dari daerah yang tersedia. Mungkin ada beberapa makanan yang menjadi favorit Anda saat sedang mengunjungi daerah tersebut. Tetapi ada beberapa masyarakat yang belum pernah mencicipi atau bahkan mengetahui makanan khasnya. Untuk itu, kenali beberapa ragam makanannya di sini untuk bisa menjadi referensi kuliner yang akan Anda coba.

1. Pendap, Bengkulu

Ragam makanan daerah asli Bengkulu ini bernama pendap. Tidak sedikit wisatawan berburu makanan ini untuk dijadikan oleh-oleh. Terutama saat momen lebaran, akan sangat mudah menemukan pendap di daerah ini. Parutan kelapa muda yang memberikan rasa gurih dengan campuran bahan-bahan yang nikmat. Bumbu rempah yang mudah Anda gunakan seperti bawang putih, cabai giling dan tidak lupa kencur. Jika sedang berkesempatan datang ke Bengkulu jangan lupa cobain pendap.

2. Seruit, Lampung

Seruit merupakan makanan asal Lampung yang harus Anda nikmati bersama keluarga maupun pasangan. Menjadi makanan favorit masyarakat sekitar hingga wisatawan, terutama sebagai menu makan siang. Santapan lezat ikan goreng maupun dibakar ini sangat lezat ketika dicampur dengan terasi, tempoyak atau olahan durian yang sudah difermentasi. Menggunakan ikan khusus yang besar-besar sepeti baung, belide, layis dan sebagainya. Sebagai pelengkap, nikmati makanan khas lampung ini dengan lalapan segar seperti tomat atau mentimun.

3. Gohu Ikan, Maluku

Makanan Khas Maluku ini berbahan dasar ikan tuna mentah. Anda bisa memesan menu ini dengan sebutan sashimi Ternate jika sedang berkunjung ke Maluku. Daging tuna segar yang digunakan sudah dipotong kecil-kecil dan dicuci terlebih dahulu. Kemudian tuna dilumuri garam serta perasan lemon dan tak lupa dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi). Bawang merah dan cabe rawit adalah bahan dasar wajib kemudian ditumis dengan minyak kelapa. Bumbu tersebut dimasak bersama ikan tuna mentah kemudian tambahkan taburan kacang tanah goreng yang sudah ditumbuk kasar.

4. Gulai Belacan, Riau

Pernah mendengar gulai belacan? Anda bisa menemukan ragam makanan daerah yang unik salah satunya di Riau. Berbahan dasar belacan yaitu memiliki kuah yang dicampur dengan terasi. Di dalamnya terdapat potongan daging empuk atau bisa juga dari udang serta ikan segar. Akan semakin nikmat jika Anda santap dengan nasi putih hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *