Jenis Daun Pembungkus Makanan Khas Indonesia

daun pembungkus makananSelama ini Anda melihat bahwa daun hanya sebagai lalapan atau membungkus makanan saja. Padahal ternyata sebagian penjual makanan percaya bahwa bisa menambahkan cita rasa dan aroma yang enak. Ketika Anda sedang membuat makanan biasanya bingung dengan daun yang akan digunakan. Tidak ada salahnya mengetahui jenis daun agar menggunakan daun pembungkus makanan yang cocok. Berikut beberapa jenisnya bisa Anda gunakan.

1. Daun Jambu Biji

Tahukah Anda bahwa jambu biji adalah tanaman tropis asal negara Brazil dan kemudian disebarkan melalui Thailand ke Indonesia. Daunnya pun memiliki peranan penting untuk digunakan sebagai bungkus makanan. Daun ini juga bisa dijadikan sebagai obat dalam berbagai penyakit. Sering digunakan bahkan bahan dasar dalam pembuatan tape garut karena memberikan warna hijau alami. Gunakan daun yang sudah tua dan yang baru dipetik agar hasil makanan memiliki warna yang bagus.

2. Daun Jati

Sudah kita keahui bahwa pohon jati memiliki hasil kayu yang bermutu dan nilai jual tinggo. Memiliki bentuk daun lebar dan menjadi pilihan untuk digunakan sebagai daun pembungkus makanan. Jika mengonsumsi nasi jamblang asli cirebon bila diperhatikan menggunakan daun jati. Jenis tersebut memberikan aroma wangi yang sedap dan membuat makanan lebih tahan lama. Makanan tempe khas Yogyakarta, nasi pecel Ponogoro dan dodol juga menggunakan bungkus dari daun ini. Gunakan daun yang masih muda agar tidak mudah sobek.

3. Daun Pisang

Siapa yang tidak mengetahui daun jenis ini? Hampir semua makanan tradisional Indonesia menggunakan daun pisang. Jenis satu ini paling mudah ditemukan dan digunakan sebagai bungkus lemper, jongkong, nagasari, tempe, klepon dan sebagainya. Anda bisa membuat daun pisang lebih elastis dan kuat jika terlebih dahulu dipanaskan di atas api kecil sehingga daun menjadi layu. Lebih mudah dibersihkan dan dilipat sehingga fleksibel dibawa saat diperlukan. Hanya beberapa jenis daun bisa menjadi bungkus makanan yaitu pisang raja, pisang batu, dan pisang kepok. Sering pula menjadi bungkus kue-kue jajanan pasar maupun sebagai bungkus pembuatan tempe.

4. Daun Kelapa

Tidak hanya digunakan untuk membungkus ketupat, daun kelapa sebagai pembungkus lepet terbuat dari ketan. Daun kelapa muda yang paling cocok digunakan untuk membungkus makanan. Anda bisa menjaga ketahanan daun dengan ditempatkan pada tempat yang sejuk selama sehari. Beberapa makanan yang sudah tidak asing lagi untuk Anda adalah ketupat, clorot, dumbeg, legondo khas Yogyakarta dan lapet ketan. Bagaimana, apakah Anda menyukai makanan dengan bunguksan daun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *