Inilah 3 Komunitas Peduli Lingkungan di Indonesia

Permasalahan lingkungan seperti perubahan iklim, global warming, hingga keadaan bumi yang semakin menua semakin hari semakin memprihatinkan. Anda pun bisa melihat kondisi bumi yang memprihatinkan ini, seperti mencairnya es di kutub Utara dan Selatan, banyaknya penggundulan hutan, hingga beberapa bencana alam lainnya. Hal ini lah yang menggerakan orang-orang untuk menyelamatkan lingkungan dan mendirikan komunitas peduli lingkungan. Tujuannya ialah agar mereka saling bahu-membahu memperbaiki kerusakan Bumi saat ini. Di artikel ini akan dijabarkan tiga komunitas lingkungan yang bersedia untuk menyelamatkan bumi dengan cara apa pun. Yuk, segera simak informasinya di sini.

Makassar Berkebun

Komunitas peduli lingkungan pertama ialah Makassar berkebun. Komunitas ini mampu menciptakan lahan hijau di tengah kota Makassar yang bermanfaat bagi banyak orang. Kegiatan yang dilakukan para anggota komunitas ini seperti menanam sayur dan buah-buahan, berkebun, dan memanen hasil tanaman bersama dengan anggota lainnya. Tentu saja pepohonan yang ditanam ini bisa mengurangi emisi gas, khususnya karbondioksida, ke udara dan menyebabkan lapisan ozon berlubang. Semakin banyak anggotanya, maka akan semakin besar pula jumlah lahan hijau yang akan hadir.

Mangrove Action Project

Sebenarnya, Mangrove Action Project adalah sebuah lembaga nirlaba yang berfokus pada konservasi kawasan mangrove. Komunitas peduli lingkungan ini menggunakan pendekatan terintegrasi konservasi daerah aliran sungai (DAS). Mereka juga mengenalkan kegiatan mereka kepada masyarakat melalui edukasi, pengembangan masyarakat, pengembangan mata pencaharian, hingga pengelolaan sumber daya alam berbasis komunitas. Jika Anda memiliki minat pada pengembangan mangrove, mungkin Anda bisa bergabung dengan komunitas lingkungan satu ini.

Rumah Hijau Denassa

Denasaa merupakan nama seorang keluarga yang tinggal di daerah Sulawesi Selatan. Pada tahun 2007, keluarga ini memutuskan untuk membangun Rumah Hijau Denassa di atas lahan seluas satu hektar. Tujuan pembangunan ini ialah untuk membangun komunitas peduli lingkungan yang berhubungan dengan konservasi tanaman & hewan, percontohan tanaman investasi keluarga, dan juga tempat belajar sesama anggotanya. Bahkan, rumah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap seperti biogas, Wifi, tempat terbuka untuk beraktivitas, hingga perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *