Hidup Seimbang, Terapkan Aturan Ini dalam Keluarga

hidup seimbangKeluarga sebagai tempat terbaik dalam mempelajari dan memperbaiki karakter diri. Nilai kepribadian yang baik segera terapkan untuk keluarga Anda, agar bisa memberikan pengaruh baik pula bagi lingkungan. Buatlah peraturan agar mendapatkan hidup seimbang bagi keluarga Anda. Berikut beberapa peraturan yang bisa Anda coba mulai kepada keluarga.

1. Saling Menghargai

Ajarkan anak untuk tidak merendahkan orang lain dalam keluarga. Berikan pengertian bahwa tidak baik menggunakan kata seperti “bodoh” dan sebagainya jika sedang memanggil anggota keluarga lain. Anda bisa memberikan pelajaran tentang toleransi untuk kasus seperti ini, berlaku pula pada siapapun di keluarga Anda yang mengeluarkan kata-kata kotor. Jika ada yang melanggar berati tidak bisa ditoleransi dan harus mendapatkan sanksi seperti hukuman mencuci piring selama seminggu dan tidak lupa meminta maaf. Setiap orang dalam keluarga memiliki hak untuk diperlakukan dan dihargai demi menunjukan sikap saling menghormati dan menyayangi.

2. Menjaga Komunikasi

Komunikasi merupakan kunci hidup seimbang yang bisa keluarga lakukan. Bagaimana caranya? Jelaskan kepada anak-anak Anda bahwa saling memberikan kabar adalah hal penting. Memberitahu orang tua akan pergi ke mana, rencana spesifik anak. Berikan waktu bermain anak kapan paling telat sampai di rumah. Dengan menjaga komunikasi akan mengajarkan anak tepat waktu dan anak akan memiliki kebiasaan untuk memberitahu orang tuanya. Lakukan dengan cara yang mengasyikan agar anak tidak merasa dikekang. Berikan alasan bahwa aturan ini adalah salah satu bagian dari keselamatan keluarga terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Berkata Jujur

Sebagai orang tua harus menerapkan aturan berkata jujur untuk diri sendiri dan keluarga terutama anak. Mengaplikasikan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan hidup seimbang jauh lebih baik dan pribadi yang mudah mengendalikan sesuatu. Hilangkan pikiran orang lain tentang sifat terlalu jujur, Anda hanya perlu menempatkannya sesuai situasi. Hal ini bisa dilakukan dengan ramah dan benar agar keluarga bahkan orang lain merasa nyaman untuk saling jujur.

4. Mengerjakan Kewajiban Sebagai Anggota Keluarga

Sebagai anggota keluarga tentu harus memiliki tugas masing-masing demi mencapai hidup seimbang. Dimulai dari anggota yang sudah cukup umur dalam melakukan aturan ini. Kewajiban yang dilakukan ini menunjukkan agar rumah tangga berjalan harmonis dan saling membutuhkan bantuan apapun yang terkait dengan rumah tangga. Tugas yang diberikan bisa disesuaikan dengan usia dan kemampuan mereka, coba diskusikan bersama agar saling adanya keterbukaan. Peraturan harus dilakukan secara adil untuk seluruh orang di dalam rumah dan sudah menjadi kesepakatan bersama bahwa hal ini akan dilakukan secara konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *