Faktor yang Mempengaruhi Engagement Rate

Melibatkan followers kamu di dalam konten yang telah kamu buat merupakan salah satu cara agar kamu dapat meningkatkan jumlah followers, likes, dan comment yang bisa kamu dapatkan. Dan engagement rate merupakan salah satu metrik yang paling sering digunakan untuk mengukurnya. Untuk itu penting untuk kamu ketahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi engagement rate. 

Beberapa faktor yang mempengaruhi engagement rate berdasarkan platform yang digunakan adalah sebagai berikut:

Pada situs web: scroll depth, lama rata-rata pengunjung di sebuah halaman, tampilan halaman rata-rata, bounce rate, jumlah shares dan beragam bentuk konversi

Dalam Sosial Media: Berbagai media sudah menyertakan metrik untuk menghitung jumlah likes, shares, dan komentar untuk masing-masing konten

  • Facebook: shares, klik, komentar
  • LinkedIn: likes, komen, dan penambahan jumal followers
  • Instagram: komentar dan likes
  • Twitter: retweet, komentar, dan likes
  • Pinterest: likes, komentar, dan pins
  • Email Marketing: termasuk open rates dan click-through rates

Selain itu agar kamu dapat meningkatkan engagement rate, kamu dapat membuat beberapa tipe konten berikut ini. 

Giveaway

Kamu dapat melakukan giveaway untuk meningkatkan engagement rate. Umumnya giveaway dilaksanakan dengan cara-cara, seperti follow account, memberi tanggapan, sampai repost photo. Seterusnya kamu cukup mempersiapkan hadiah kecil-kecil an buat kamu bagi nanti ke beberapa juara. Bila kamu tidak mempunyai barang untuk dibagi kamu dapat mengawali giveaway dari beberapa hal kecil seperti membagi-bagi pulsa atau transfer uang digital. Bikinlah persyaratan yang simpel dan gampang dilaksanakan, menjadikan giveaway pertama kamu sebagai modal awalnya kamu dalam dunia media sosial. Atau giveaway bisa kamu kerjakan untuk menyemarakkan moment tertentu seperti pada hari ulang tahun, perolehan 10k follower, dan lain-lain.

Kontes

Tipe konten dapat dibilang merupakan langkah yang paling efisien untuk meningkatkan engagement sosial media. Kontes bisa berbentuk hadiah gratis, penawaran khusus yang dijajakan ke followers yang memberi likes atau sharing untuk memenangi hadiah.

Kontes ialah langkah yang fenomenal untuk menebarkan awareness dan memperlebar capaian brand-mu, karena 35% fans Facebook menyenangi halaman hingga mereka bisa berperan serta dalam kontes, jadi pasarkan stimulan untuk fans untuk turut serta dalam profil sosial media.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat meningkatkan engagement rate kamu. Penting untuk kamu perhatikan metrik ini bukanlah satu-satunya metrik yang paling penting. Banyak faktor lain yang bisa kamu gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu dan selamat mencoba ya!