Faktor Penting Tentang Asuransi Kesehatan untuk Keluarga

asuransi kesehatanSudah pernah menggunakan asuransi kesehatan? Produk asuransi ini memberikan Anda jaminan kesehatan ketika mengalami sakit hingga kecelakaan. Perusahaan asuransi memberikan berbagai macam pilihan dari melindungi Anda dari biaya rawat inap hingga perawatan jalan sebelum dan sesudah proses rawat inap. Selain itu, kini beberapa perusahaan juga menyediakan jaminan untuk biaya proses melahirkan normal atau sesar.

Untuk mendapatkan perlindungan seperti hal tersebut Anda harus daftar menjadi nasabah dengan membayarkan sejumlah premi asuransi secara berkala. Besaran premi tersebut bervariatif, disesuaikan dengan kondisi kesehatan pengguna, tingkat resiko, manfaat dan ketentuan lainnya. Berbeda dengan BPJS, asuransi swasta memiliki kelebihan dalam hal kemudahan, fleksibilitas dan kecepatan untuk memilih rumah sakit baik itu dengan kerjasama (cachless) atau tidak (reimbursement). Berikut faktor yang bisa Anda pelajari, diantaranya.

1. Alasan Asuransi Ini Penting

Mengapa penting? Tentu jawaban paling tepat karena Anda tidak akan merepotkan keluarga atau kerabat jika memiliki penyakit dan harus di rawat ke rumah sakit dalam waktu tertentu. Tidak perlu khawatir karena semua biaya perawatan hingga pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan. Biaya kesehatan akan naik setiap tahunnya, ini memberikan Anda ketenangan karena tidak harus menyiapkan dana terlalu besar. Kenaikan sebesar 10-15% tiap tahunnya menimbulkan risiko kehilangan penyakit aset atau kebangkrutan bila Anda memiliki penyakit serius. Umur menentukan premi yang harus Anda keluarkan. Semakin muda Anda, risiko terkena penyakit kronis semakin kecil sehingga preminya pun lebih kecil. Ada perusahaan yang mempermudah Anda dengan sistem cashless berupa kartu khusus guna melakukan klaim secara cepat.

2. Jenis Pergantian Biaya dalam Asuransi

Berikut beberapa jenis pergantian biaya dalam asuransi kesehatan, pertama tanpa uang kontan (cashless). Jenis pembayaran tersebut dilakukan oleh perusahaan yang sudah Anda pilih tanpa menggunakan uang nasabah terlebih dahulu. Perusahaan akan memberikan kartu keanggotaan sebagai bukti ganti rugi kepada rumah sakit karena pasien merupakan rekan mereka. Sedangkan yang kedua adalah bayar terlebih dahulu (reimbursment). Tipe ini mengharuskan nasabah bayar terlebih dahulu untuk perawatan dan kemudian perusahaan akan mengganti biaya tersebut. Dengan syarat Anda melengkapi persyaratan dokumen yang dibutuhkan

3. Cara Klaim Asuransi Kesehatan

Perhatikan beberapa prosedur umum yang harus Anda lakukan untuk klaim asuransi kesehatan. Pertama adalah mengisi formulir asuransi dengan lengkap. Pastikan data diri dan informasi penting lainnya Anda cantumkan dengan lengkap agar kebutuhan pendataan lebih cepat dilakukan. Agen asuransi akan membantu Anda dalam melakukan pengisian data jika ada beberapa hal yang sulit dimengerti. Kedua adalah melampirkan rincian tagihan pengobatan. Melampirkan tagihan pembayaran pengobatan kepada perusahaan merupakan hal wajib sebagai syarat kelengkapan dokumen. Tagihan biasanya berbentuk identitas pasien, laporan penyakit, informasi dari dokter hingga seluruh administrasi biaya obat-obatan selama melakukan perawatan. Bila lalai dalam mencocokan data maka akan mempersulit Anda dalam melakukan proses klaim tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *