Cara Tepat Menjaga Dana Pensiun Sejak Dini

8_menjaga dana pensiunTidak ada salahnya mencari tahu dan menjaga dana pensiun dari sekarang. Bukan sebuah hal yang mudah ketika sudah bersusah payah mendapatkan pekerjaan lalu harus berhenti menghasilkan uang. Sebagian Anda masih berfikir ulang untuk mengambil kesempatan ini dan sebagian lagi menjadi sebuah peluang besar dalam memulai profesi dan hobi dengan lebih matang. Pensiun dalam dunia kerja sebagai jalan bagi Anda yang ingin melakukan travelling sampai berwirausaha. Siap mengambil pensiun dini? Maka harus siap pula dengan risiko yang diharapi. Tidak bisa bergantung pada gaji bulanan seperti biasanya. Berikut cara mempersiapkan modal saat Anda memilih pensiun dini.

1. Hindari Ketergantungan Pada Perusahaan

Hilangkan fikiran untuk tenang dan menerima secara lapang dada masa pensiun Anda. Uang yang Anda terima tentu lebih sedikit dari gaji bulanan Anda. Jadi tidak bisa mengandalkan pesangon jika ingin kehidupan Anda saat pensiun tetap berjalan dengan baik. Penting juga memperhatikan kesehatan Anda apakah memiliki riwayat penyakit berbahaya atau tidak. Karena dengan uang pensiun dari perusahaan Anda sudah tidak bisa mendapatkannya lagi. Jaga kesehatan Anda merupakan langkah awal memulai rencana pensiun yang harus dipersiapkan.

2. Mengikuti Program Dana Pensiun

Saat memulai menentukan pemasukan pensiun adalah dengan mengikuti program yang tersedia oleh berbagai bank. Jika diri Anda tidak mampu menyisihkan uang, manfaatkan pertolongan bank agar pendapatan pensiun terjaga dengan baik. Program yang ada akan menerima sejumlah uang pensiun yang siap digunakan karena sudah otomatis dipindahkan pada deposito masa tua Anda. selain itu untuk mendukung cara ini adalah merubah kebiasaan Anda untuk menabung dahulu pendapatan Anda baru sisa uang  bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

3. Menambah Jumlah Tabungan

Nikmati masa bekerja Anda dalam mengumpulkan uang. Dengan pengalaman yang banyak, dari berkarya hingga mendapatkan promosi kerja akan memberikan peluang meningkatnya nominal gaji Anda. Sebagai contoh gaji yang didapatkan adalah Rp 5 juta dan tabungan Anda perbulan Rp 500 ribu, maka jika nominal gaji naik menjadi Rp 6 juta, maka tabungan Anda juga harus naik. Gunakan deposito dengan bunga yang kompetitif untuk mengamankan uang agar Anda tidak mudah mengambilnya. Keputusan Anda dalam menjaga dana pensiun akan memberikan kesiapan matang untuk diri sendiri apakah saat pensiun akan mencari pekerjaan baru atau memulai usaha. Kurangi menggunakan uang Anda untuk kenikmatan yang semata agar tidak adanya penyesalan.

4. Pisahkan Budget Pensiun Anda

Dana cadangan menjadi sebuah solusi dalam menangani kebutuhan yang tidak terduga. Tapi paling penting pisahkan pemasukan untuk pensiun dengan dana cadangan ini. Kategorikan penghasilan Anda antara dana cadangan untuk hal mendesak, dana kebutuhan sehai-hari dan budget pensiun untuk masa depan Anda. Menjadi pensiun dini perlu menyiapkannya yang lebih terperinci dibandingkan pensiun regular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *