Cara Mudah Menciptakan Kebahagiaan Masa Tua

8_Kebahagiaan masa tuaYakin sudah memiliki persiapan menghadapi masa pensiun yang tenang dan bahagia? Takdir memang sudah ditentukan namun kita masih bisa merencankannya. Dengan berbagai cara yang sudah Anda tentukan tinggal lihat mana yang berhasil untuk digunakan dalam mencapai impian-impian Anda.

1. Investasi dan Tabungan Pensiun

Setiap pekerjaan akan memberikan Anda pesangon saat memasuki masa pensiun, tetapi apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda? Tidak hanya mengandalkan uang pesangon, sebaiknya gunakan tabungan khusus demi mendapatkan kebahagiaan masa tua yang diinginkan. Jika sudah berani memulai dari sekarang, maka akan semakin banyak dana yang bisa Anda kumpulkan saat sudah tidak bekerja lagi. Pisahkan dan pensiun Anda dengan tabungan utama untuk kebutuhan agar tidak terpakai. Gunakan investasi yang memiliki resiko minim seperti reksa dana karena dengan modal di bawah 1 juta Anda sudah bisa menanamkan uang. Ada beberapa pilihan reksa dana untuk hari tua seperti Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Dengan adanya tabungan dana pensiun dan investasi maka kebahagiaan hari tua sudah di tangan Anda.

2. Membangun Bisnis

Penghasilan sebagai seorang karyawan memang tidak selamanya bisa memenuhi berbagai kebutuhan Anda yang meningkat. Membangun bisnis sendiri bisa menjadi modal hidup saat masa pensiun datang. Tidak ada yang tahu apakah bisnis yang Anda buka ternyata memiliki prospek cukup bagus. Tetapi hati-hati dalam mengambil keputusan karena saat terburu-buru akan menjadi salah langkah dan bisa merugikan.

3. Memiliki Aset

Mempunyai aset berupa rumah adalah sebuah tujuan hidup manusia untuk melengkapi kebahagiaan. Apalagi jika sudah pensiun dan bisa tinggal di rumah sendiri tanpa perlu membayar uang kontrakan. Perjalanan karir Anda masih panjang, masih memiliki peluang mengumpulkan pundi uang untuk membeli rumah. Tak usah memaksakan diri membeli seca cash karena beberapa rumah juga bisa dicicil. Untuk Anda yang berpenghasilan pas-pasan sebaiknya ikuti program rumah bersubsidi dari pemerintah dengan DP dan cicilan perbulan yang ringan.

4. Manage Utang

Mengatur pengeluaran untuk membayar utang bisa dilakukan lebih terperinci dan jelas. Berhentilah melakukan pinjaman jika masih memiliki tagihan lain yang belum bisa Anda lunasi. Sebelum memanage utang, intropeksi untuk diri sendiri agar sadar bahwa utang sangat berpengaruh dalam memberikan kebahagiaan masa tua Anda dengan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *