Cara Mudah Klaim Asuransi Kesehatan

klaim asuransi kesehatanBagaimana cara kita melakukan klaim asuransi kesehatan dengan mudah? Ada beberapa pilihan institusi hingga bank yang menawarkan pelanggannya fasilitas asuransi ini. Meliputi biaya rumah sakit, biaya rawat inap atau rawat jalan, biaya operasi, biaya pembedahan dan lain-lain. Beberapa orang mengeluh tentang sulitnya validasi klaim dari pihak perusahaan terutama jika jumlah dana yang dikeluarkan cukup besar. Maka sebaiknya pahami terlebih dahulu prosedur terutama dua perawatan antara rawat inap atau rawat jalan. Selain itu perhatikan langkah berikut ini.

1. Bayar Premi Tepat Waktu

Setiap nasabah asuransi akan memiliki polis masing-masing, perhatikan selalu pembayaran premi yang harus Anda keluarkan tiap bulannya. Atur dengan baik untuk membayar premi asuransi secara tepat waktu untuk mengajukan klaim. Polis Anda akan menjadi catatan perusahaan sebagai polis aktif dan telah mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan secara lengkap.

2. Perhatikan Masa Aktif Asuransi Anda

Setiap perusahaan secara umum akan menentukan masa aktif polis asuransi setelah kurang lebih 30 hari. Hal tersebut karena jika Anda melakukan pengobatan atau klaim asuransi kesehatan ke rumah sakit sebelum polis aktif maka kemungkinan besar akan ditolak. Belum memastikan polis Anda sudah aktif akan mempersulit Anda mengajukan klaim. Miliki polis asuransi ini untuk memastikan masa aktif polis sebelum Anda melakukan klaim.

3. Pahami Peraturan Pengecualian Asuransi

Dalam masalah polis asuransi ada beberapa peraturan pengecualian yang harus Anda perhatikan sebagai pemegang polis dan tertanggung dalam hal pengecualian pertanggungan. Beberapa peraturan tersebut adalah untuk kategori penyakit sifat kritis seperti jantung koroner dan macam-macam penyakit kritis lainnya, baru bisa diklaimkan minimal setelah 6 bulan. Jika Anda termasuk dalam kategori ini tidak perlu terburu-buru dalam melakukan klaim, tunggu selama 6 bulan sampai 1 tahun agar klaim bisa diajukan dan diterima.

Selain itu, kategori penyakit yang memang sudah ada sebelumnya, baik yang sudah Anda ketahui sebelumnya atau tidak maka asuransi tidak akan menanggungnya. Seperti penyakit bawaan lahir perusahaan tidak akan turun tangan. Hal penting lainnya coba lihat untuk melakukan pengecekan plafon asuransi yang sudah tersedia untuk Anda. Plafon ini untuk mengetahui jatah biaya medis maksimal yang akan diberikan oleh perusahaan selama kita dirawat. Jika ternyata biaya yang digunakan lebih dari batas tersebut, kita harus tetap menggantikan kekurangannya kepada pihak perusahaan asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *