Bisnis Kuliner Indonesia di Luar Negeri

bisnis kuliner indonesiaSebagian orang bermimpi untuk tinggal dan menetap di luar negeri. Alasannya sederhana, karena kehidupan di sana lebih terjamin, mudah, dan menyenangkan di bandingkan di negeri sendiri. Jika Anda lebih teliti, sebenarnya kesempatan untuk menetap di luar sana bisa diraih dengan mudah. Caranya adalah dengan membangun bisnis berbasis kuliner di negeri orang. Kenapa bisnis makanan dan minuman? Faktanya, makanan khas Indonesia telah diakui dan masuk ke dalam jajaran 100 makanan lezat di seluruh dunia. Oleh sebab itu, Anda memiliki peluang yang sangat besar jika membangun bisnis makanan Indonesia di negara asing. Bahkan, sudah ada beberapa orang yang telah berhasil membuktikannya. Berikut ini nama-namanya.

1. Warung Adji, Amsterdam

Bila Anda mengunjungi negeri kicir angin, Belanda, maka Anda harus mampir dan makan di Warung Adji. Rumah makan ini menyediakan berbagai makanan Indonesia dengan sedikit cita rasa Belanda. Bahkan, warung makan yang satu ini menyediakan menu makanan ala warteg Indonesia dengan makanan seperti Rendang, Telur Balado, hingga Mie Goreng. Pelanggannya pun bukan hanya orang Indonesia, para warga Belanda pun senang makan di sini. Pemiliknya pun bukan hanya sekedar mencari keuntungan ketika menjalankan bisnis kuliner Indonesia ini, tetapi juga untuk memperkenalkan kuliner nusantara ke pada penduduk Belanda.

2. Warung Padang London, London

Di Indonesia, Anda bisa menemukan warung makan Padang di mana-mana. Tetapi, jika Anda sedang berada di Inggris dan rindu dengan masakan Indonesia, mungkin Anda bisa datang dan makan makanan Padang di Warung Padang London di Chinatown, Leicester Square. Banyak orang-orang Indonesia yang menetap di sini hingga warga Inggris yang berkunjung dan makan di salah satu bisnis kuliner Indonesia yang satu ini. Hanya bermodal promosi dari mulut-ke-mulut, bisnis ini berkembang dengan pesat dan digemari oleh semua orang.

3. Sate Truck, Washington DC

Di Amerika, bisnis food truck bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan, beberapa bisnis tersebut berhasil sukses dan terkenal hingga ke mancanegara. Ternyata, peluang ini dilihat oleh salah satu warga negara Indonesia yang tinggal di Washington DC. Dia membangun sebuah rumah makan, yaitu Sate dengan memanfaatkaan truck. Akibat dari idenya yang kreatif, bisnis makanan yang dia jalani berhasil sukses hingga mendunia. Bahkan, orang-orang asing pun menyukai makanan yang disajikan oleh restoran berjalan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *