5 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah

Aktivitas membersihkan rumah sudah masuk ke dalam kegiatan sehari-hari yang biasanya dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Terkadang, beberapa ibu di hari libur akan membersihkan rumah lebih sedikit serius dan mengajak anggota keluarga lainnya. Tentu saja, aktivitas ini tidak bisa dilakukan dengan tangan kosong, Anda pasti membutuhkan berbagai macam alat kebersihan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memiliki alat-alat kebersihan di bawah ini.

Sikat

Sikat adalah alat kebersihan yang wajib Anda miliki di rumah. Varian dari benda ini pun bermacam-macam, mulai dari yang tidak bertangkai, bertangkai pendek, hingga dengan tangkai yang panjang. Fungsinya pun beragam, seperti untuk sikat WC, sikat lantai, hingga sikat baju. Sikat bertangkai panjang cocok untuk menyikat lantai dan tidak membuat pegal namun sulit menjangkau bagian sudut. Sebaiknya miliki semua jenis sikat agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Lap

Alat kebersihan yang satu ini bisa berguna untuk membersihkan apa saja, seperti meja, kursi, alat elektronik, pajangan, hingga sudut-sudut yang tidak terjangkau dengan alat-alat lainnya. Jenis dari lap pun bermacam-macam, mulai dari kain katun hingga yang memiliki serat microfiber. Untuk lap sederhana di dapur, Anda bisa memilih lap dari kain katun yang tidak mudah sobek. Sementara, untuk membersihkan sesuatu atau mengelap cairan, ada baiknya bila Anda menggunakan microfiber yang mudah menyerap air dan kotoran.

Sapu Ijuk dan Pengki

Sapu ijuk memang menjadi alat kebersihan nomor satu yang menjadi idaman para ibu rumah tangga di Indonesia. Bisa dibilang, sapu ini menjadi alat utama yang wajib dimiliki. Pasalnya, alat ini menjadi alat membersihkan lantai yang paling populer dan mudah. Tetapi, jangan lupakan juga pengki sebagai alat pengeruk debu dan sampah yang telah disapu sebelumnya. Anda pun akan sangat mudah menemukan kedua benda ini, mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.

Kemoceng

Di Indonesia, kemoceng biasanya terbuat dari bulu ayam atau bulu-bulu sintetis lainnya. Alat kebersihan ini biasanya digunakan untuk membersihkan debu dan saran laba-laba yang terdapat di meja, atas lemari, hingga langit-langit rumah. Bila Anda ingin membersihkan debu yang cepat, sebaiknya Anda memilih alat ini dibandingkan lap biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *