4 Wadah Unik Makanan Tradisional Indonesia

wadah unik makananBukan hanya terkenal dengan rasa yang enak, Indonesia juga memiliki wadah unik makanan yang menjadi ciri khas tersendiri. Makanan sederhana pun terlihat lebih unik dan membuat orang tertarik untuk memakannya. Banyak beberapa restoran yang mempertahankan alat saji dengan menggunakan piring anyaman dan sebagainya. Wadah yang dipilih memiliki alasan salah satunya agar tidak mudah pecah. Berikut beberapa alat makan unik yang bisa Anda temukan di Indonesia.

1. Wadah Tempurung Kelapa

Biasa dikenal dengan batok kelapa, Anda pasti sering menemukan wadah ini saat mengunjungi restoran tradisional Indonesia. Tempurung kelapa bisa dijadikan sebagai mangkok untuk menyajikan makanan dengan kuah seperti bakso, soto dan minuman tradisional. Selain itu juga banyak kerajinan hasil batok kelapa untuk dijadikan sendok dan garpu. Agar tampilan menarik dan tidak memiliki tekstur yang tajam, biasanya akan dilakukan teknik amplas terlebih dahulu. Tetapi perlu hati-hati dengan jenis wadah ini karena akan pecah jika tidak diperhatikan dengan baik.

2. Wadah Kayu

Sudah pernah mendapatkan wadah berupa kayu pada salah satu restoran Indonesia? Atau Anda sudah mengoleksinya? Mungkin Anda jarang menemukan alat sajian berbahan kayu di pasaran, karena memang dijual terbatas dan sesuai permintaan. Biasanya lebih sering digunakan sebagai kerajinan tangan yang dijadikan souvenir asli dari daerah yang Anda kunjungi. Wadah yang terbuat dari kayu cenderung lebih kuat dan aman. Tetapi memiliki harga yang tidak murah karena Anda harus mengetahui jenis kayu yang digunakan, pada dasarnya setiap kualitas sebuah kayu berbeda-beda. Khusus untuk makanan biasanya digunakan kayu yang tidak mudah menyerap air agar tidak berjamur untuk penggunaan yang cukup lama.

3. Wadah Gerabah

Gerabah menggunakan bahan dasar tanah liat yang sudah melalui proses pembakaran agar menghasilkan wadah yang kuat. Mungkin Anda sering melihat jenis ini sebagai mangkuk, teko, kendi, kuali hingga piring dengan memiliki bentuk cenderung bulat dan cekung. Pada beberapa penjaja makanan soto, mereka menggunakan gerabah berupa kuali maka terkenal sebutan soto kuali. Selain itu minuman es dawet/cendol juga masih menggunakan gerabah. Tanah liat memiliki kelebihan tahan lama dan kuat tetapi mudah lembap karena menyerap air. Jadi untuk Anda yang akan menggunakannya lakukan penjemuran di tempat yang cukup terkena matahari agar cepat kering.

4. Wadah Anyaman Bambu

Anyaman bambu sering digunakan sebagi wadah dengan bentuk yang beragam dan memiliki fungsinya masing-masing. Masyarakat sering menggunakan sebagai tempat untuk makanan nasi gudeg, makanan untuk acara pengajian dan selametan dan biasa disebut besek atau berkat. Anda juga akan menemukannya pada makanan oleh-oleh seperti getuk dan tahu. Untuk anyaman yang berbentuk silender digunakan untuk makanan khas Jawa Barat salah satunya peuyeum. Ada juga yang menggunakannya sebagi alas nasi tumpeng dan bakul nasi. Wadah unik makanan dari anyaman bambu memiliki kelebihan tahan lama dengan celah udara yang sedikit. Tetapi kekurangannya rentan basah karena mudah menyerap air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *